E-learning, Pilihan Bijak Selama Pandemi

By Operator Madrasah 01 Agu 2020, 11:27:10 WIB Akademik
E-learning, Pilihan Bijak Selama Pandemi

Kurang lebih selama 8 bulan, dunia telah digemparkan dengan adanya wabah penyakit yang mematikan, yaitu corona virus desease 19 (covid). Cara penyebaran virus corona COVID-19 adalah melalui tetesan air liur (droplets) atau muntah (fomites), dalam kontak dekat tanpa pelindung. Transmisi virus corona atau COVID-19 terjadi antara yang telah terinfeksi dengan orang tanpa patogen penyakit. Oleh sebab itu, setiap orang dihimbau untuk memakai masker saat beraktivitas, sering cuci tangan dan menghindari kontak dengan pasien yang terpapar covid 19. Indonesia merupakan salah satu negara yang kasus penularannya cukup tinggi. Banyak dampak yang ditimbulkan dari adanya covid 19, seperti melemahnya perekonomian, terbatasnya aktivitas, lesunya aktivitas pendidikan, meningkatnya kejahatan dan kriminalitas serta masih banyak dampak yang lain.

Artikel ini tidak akan membahas tentang banyaknya jumlah pasien pandemi covid 19 yang angkanya masih tinggi di Indonesia, namun akan fokus pada salah satu dampak yang terjadi pada dunia pendidikan. Jadi, pendidikan juga mengalami imbas dari adanya pandemi ini. Bagaimana tidak? Masih teringat betul dalam ingatan penulis bahwa kegiatan belajar mengajar di madrasah mulai dihentikan sejak 16 Maret 2019 hingga akhir tahun pelajaran. Kondisi tersebut sangat menyulitkan lembaga pendidikan dalam memberikan pembelajaran di Satuan Tingkat Pendidikan, salah satunya di madrasah kami sendiri, MA Keterampilan Al Irsyad Gajah. Menyiasati kondisi tersebut, MA Keterampilan Al Irsyad Gajah mencari terobosan supaya kegiatan belajar mengajar bisa tetap dilaksanakan meskipun dalam situasi sulit ini. Saat itu, madrasah kami memanfaatkan platform classroom sebagai salah satu metode pembelajaran jarak jauh/daring yang diberikan kepada siswa. Meskipun tidak ada tatap muka, peserta didik masih bisa belajar di rumah dengan pengawasan orangtua.

Jelang memasuki tahun ajaran baru, pemerintah telah menyiapkan kurikulum baru bagi pelaksanaan pembelajaran di masa pandemi. Berdasarkan SKB Empat Menteri (Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Agama, Menteri Kesehatan dan Menteri dalam Negeri) tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran pada Tahun Ajaran 2020/2021 dan Tahun Akademik 2020/2021 di Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019, satuan pendidikan yang berada di daerah ZONA KUNING, ORANYE, dan MERAH, dilarang melakukan proses pembelajaran tatap muka di satuan pendidikan dan tetap melanjutkan kegiatan Belajar dari Rumah (BDR).

Baca Lainnya :

MA Keterampilan Al Irsyad Gajah adalah salah satu madrasah yang terletak ke dalam zona merah, sehingga harus melaksanakan kegiatan Belajar dari Rumah (BDR). Menyikapi kondisi tersebut, MA Keterampilan Al Irsyad Gajah memutuskan dan memantapkan diri untuk menggunakan platform e-learning keluaran Kementerian Agama sebagai sarana belajar dari rumah secara online/daring dalam menyongsong Revolusi Industri 4.0. serta menjalankan keputusan SKB 4 Menteri secara sungguh – sungguh sebagai ikhtiar memutus mata rantai penyebaran covid.  

Apa itu E-learning Madrasah ?

E-learning Madrasah adalah sebuah aplikasi gratis produk Madrasah yang ditujukan untuk menunjang proses pembelajaran di Madrasah dari mulai Raudatul Athfal (RA), Madrasah Ibtidayah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA), agar lebih terstruktur, menarik dan interaktif. Menu yang tersedia dalam e-learning adalah: Forum Madrasah, Kelas Online, Timeline Kelas, Video Conferences, Standar Kompetensi (KI/KD), KKM, Rencana Pembelajaran, Bahan Ajar, Absensi Kelas, Jurnal, Penilaian KI 3 & 4, Penilaian Akhir Semester, Rekap Nilai Rapor, Monitoring Aktiviytas Kelas, Kalender Kelas, Pengaturan Kelas dan Hapus kelas.

E-learning Madrasah dapat diakses beberapa pengguna,  yaitu :

1.    Operator Madrasah (Administrator)

2.    Guru Mata Pelajaran

3.    Guru Bimbingan Konseling

4.    Wali Kelas

5.    Siswa

6.    Supervisor (Kepala Madrasah dan jajarannya)

Masing-masing pengguna memiliki akun tersendiri untuk masuk ke dalam aplikasi e-Learning Madrasah, kapanpun dan di manapun.

Digitalisasi Madrasah Menyongsong Revolusi Industri 4.0, Direktorat KSKK Madrasah Kementerian Agama Republik Indonesia menerapkan penggunaan e-larning Madrasah dalam pembelajaran. Saat ini, sudah ribuan madrasah dengan puluhan ribu guru dan siswa yang telah menggunakan e-learning madrasah. Dalam e-learning Madrasah, siswa-siswi mendapatkan beragam fitur yang memudahkan mereka mendapatkan informasi serta pembelajaran dengan cepat.

Survey Penggunaan E-learning

Penggunaan aplikasi e-learning sebagai media pembelajaran online/daring sudah berlangsung di MA Keterampilan Al Irsyad sejak Senin, 20 Juli 2020. Anak – anak memberikan respon positif dengan hadirnya media pembelajaran e-learning di tengah pandemi  ini. Hal ini dapat diamati melalui hasil survey madrasah yang menunjukkan bahwa keterlibatan peserta didik di media pembelajaran e-learning mencapai prosentase 72,05%, jauh lebih banyak dibanding target madrasah. Sedangkan respon anak terhadap proses pembelajaran yang diberikan Bapak/Ibu guru berada di rentang 3,63 dari skala 4. Hal tersebut menunjukkan bahwa e-learning mampu memberikan sumbangsih dalam pelaksanaan Pembelajaran Dari Rumah (BDR). Meski demikian, terdapat beberapa kendala yang dihadapi peserta didik, yaitu: sinyal jaringan internet dan  spesifikasi HP.

Selain dari kalangan siswa, survey juga diberikan kepada guru pengampu pelajaran. Guru merasa terbantu melalui pembelajaran e-learning karena di dalamnya terdapat fitur tambahan berupa Video Conference yang dapat dimanfaatkan sebagai sarana tatap muka dengan anak – anak secara virtual. Selain itu, dalam fitur e-learning juga dilengkapi menu penilaian KI 3 dan KI 4, sehingga kapanpun guru bisa mengatur jadwal ulangan harian dan penugasan kepada peserta didik.

Beragam fitur yang disajikan di e-learning diharapkan benar-benar membantu anak belajar dari rumah serta memberikan dampak positif bagi kemajuan kognitif anak. 




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment