Kaderisasi Calon Pengurus OPMA

By Dewi Fatimah 06 Agu 2020, 13:10:17 WIB Kegiatan Siswa
Kaderisasi Calon Pengurus OPMA

Setiap lembaga pendidikan (tingkat lanjutan) memiliki sebuah organisasi kesiswaan yang disebut Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS). Akan tetapi, organisasi kesiswaan di MA Keterampilan Al Irsyad Gajah bernama Organisasi Pelajar Madrasah Aliyah (OPMA). OPMA merupakan organisasi yang berada di bawah naungan Wakil Kepala Bidang Kesiswaan yang berfungsi sebagai pelaksana kegiatan kesiswaan. Oleh karena itu, keberadaannya sangat menunjang keberhasilan kegiatan yang dilaksanakan; mulai dari persiapan, hari-H hingga evaluasi kegiatan. 

Keberhasilan sebuah organisasi salah satunya ditentukan oleh SDM yang berkualitas. Dengan kata lain, organisasi harus dibangun oleh orang – orang yang memiliki niat kuat, komitmen serta skill khusus dalam berorganisasi. Begitupun juga di MA Keterampilan Al Irsyad, siswa yang ingin menjadi pengurus OPMA dapat mengikuti tahapan kaderisasi yang ada di madrasah. Proses kaderisasi siswa di MA Keterampilan Al Irsyad Gajah diserahkan sepenuhnya kepada Wakil Kepala Bidang Kesiswaan dan OPMA sebagai pelaksananya.

OPMA sebagai pelaksana kegiatan kesiswaan memiliki program kerja yang bermuara pada proses pengkaderan. Program yang dimaksud meliputi Organization Management Skill (OMS) dan Latihan Kader Kepemimpinan ( LKK). Pada tanggal 29 – 30 Juli 2020, OPMA menyelenggarakan kegiatan OMS sebagai ikhtiar menyiapkan calon pengurus baru yang memiliki kompetensi, dedikasi dan loyalitas yang tinggi terhadap madrasah. Kegiatan tersebut diikuti oleh peserta yang  berasal dari kelas XI yang sebentar lagi akan melanjutkan estafet kepemimpinan OPMA, khususnya menjadi kandidat Calon Ketua dan Calon Wakil Ketua. Sementara pada tanggal 3 – 4 Agustus 2020, OPMA juga menyelenggarakan kegiatan LKK dengan peserta yang berasal dari kelas X. Kegiatan LKK bertujuan untuk membekali para peserta supaya memiliki skill dasar yang diperlukan dalam berorganisasi. Selain itu, peserta juga dikenalkan dengan budaya organisasi.

Baca Lainnya :

Guna mencapai program kaderisasi yang berkualitas, pemateri handal dihadirkan dalam kegiatan tersebut. Salah satu pemateri yang dihadirkan adalah Alumnus MA Keterampilan Al Irsyad sendiri, Bapak Nur Ichsan yang ahli dibidang IT. Saat itu beliau menyampaikan materi tentang pengoperasion Ms. Word dalam kerja organisasi. Dengan hadirnya para pemateri yang sesuai dengan bidangnya, diharapkan mampu membangun energi positif kepada para peserta. Sehingga program kaderisasi yang dilaksanakan bisa memberikan perubahan besar pada diri peserta dan menumbuhkan semangat berorganisasi.

Kepala Madrasah Hj. Amma Khabibah, S.Ag dalam sambutannya juga menambahkan “Jadikan kegiatan ini sebagai momen mempersiapkan diri menjadi pemimpin yang hebat, memiliki dedikasi dan loyalitas dalam membangun organisasi. Sukses untuk kalian dan almamater tercinta MA Keterampilan Al Irsyad Gajah”. Terlihat seluruh peserta yang khidmat saat mendengarkan sambutan Kepala Madrasah.

Semoga kegiatan OMS dan LKK mampu menghantarkan siswa siswi menjadi pionir organisasi yang militan. Amin. Caiyooo !!!




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment