Istighosah, Parenting, dan Pengambilan Laporan Hasil Belajar
Menguatkan Sinergi Sekolah dan Orang Tua dalam Mendidik Generasi Emas 2045

Keterangan Gambar : Sesi Parenting oleh Ibu Nur Khasanah, S.Psi., M.M., M.Psi.
Pada hari Sabtu, 21 Juni 2025, MA Al Irsyad Gajah menyelenggarakan
kegiatan bertajuk “Istighosah, Parenting, dan Pengambilan Laporan Hasil
Belajar (LHB)” yang berlangsung di halaman madrasah. Acara ini dihadiri
oleh orang tua/wali siswa, wali kelas, serta dewan guru, dalam suasana
penuh kehangatan, kekhusyukan, dan semangat kebersamaan.
Dengan mengusung tema “Mendampingi Anak Menuju Generasi Emas 2045
dengan Cinta dan Nilai”, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan peran
serta orang tua dalam mendukung pendidikan anak, khususnya dalam aspek
pembentukan karakter dan penguatan mental spiritual.
Kegiatan Diawali dengan Istighosah
Bersama
Baca Lainnya :
- GEBYAR HARLAH MAIGA KE-43 : Merayakan Perjalanan, Menyatukan Langkah0
- Baksos Menyambut Ramadhan: Siswa MA Al Irsyad Gajah Bersihkan Masjid dan Mushola di 32 Desa0
- Upacara Hari Senin di MA Al Irsyad Gajah: Penghargaan dan Penguatan Karakter Pelajar Pancasila0
- Sosialisasi Beasiswa Sukses Masuk Perguruan Tinggi Baznas di PP Al Irsyad Al Mubarok Gajah Demak0
- Jaksa Masuk Sekolah: Meningkatkan Kesadaran Hukum di Kalangan Pelajar MA Al Irsyad Gajah0
Acara dimulai dengan kegiatan istighosah, yaitu doa bersama yang
dipimpin oleh guru agama. Kegiatan ini diikuti dengan penuh kekhusyukan oleh
seluruh peserta sebagai bentuk pengharapan kepada Allah SWT agar diberikan
keberkahan dalam proses pendidikan dan kehidupan para siswa. Istighosah ini sekaligus
menjadi momen spiritual untuk mengakhiri tahun ajaran dengan refleksi dan
syukur bersama.
Sesi Parenting: Kolaborasi Pendidikan
di Rumah dan Sekolah
Sesi parenting menjadi bagian inti dalam kegiatan ini. Madrasah
menghadirkan narasumber inspiratif, yaitu Ibu Nur Chasanah, S.Psi., M.M., M.Psi. seorang psikolog dari BKPSDM Kabupaten Demak. Dalam paparannya, beliau
menyampaikan pentingnya pendampingan anak yang penuh cinta, pemahaman, dan
nilai-nilai moral, sebagai fondasi kuat dalam membentuk generasi tangguh di
masa depan.
Orang tua diajak untuk lebih memahami dinamika perkembangan remaja,
tantangan pendidikan era digital, serta strategi untuk membangun komunikasi
yang positif antara orang tua dan anak. Suasana dialog interaktif pun tercipta,
saat para wali siswa aktif menyampaikan pertanyaan dan berbagi pengalaman.
Pengambilan Laporan Hasil Belajar
Usai sesi parenting, kegiatan dilanjutkan dengan pengambilan Laporan
Hasil Belajar (LHB) oleh masing-masing orang tua di kelas anak mereka.
Momen ini menjadi sarana penting dalam menjalin komunikasi dua arah antara wali
kelas dan orang tua, mengenai perkembangan akademik dan sikap siswa selama
satu tahun ajaran. Diharapkan, sinergi ini dapat menjadi langkah awal menuju
pendampingan yang lebih optimal di rumah.
Kesimpulan dan Harapan
Melalui kegiatan seperti ini, madrasah berharap tercipta lingkungan pendidikan yang harmonis dan kolaboratif, di mana siswa dapat tumbuh menjadi pribadi yang berprestasi, berakhlak, dan berdaya saing tinggi.
